Rabu, 23 Maret 2016

Pentingnya Penilaian Kinerja


Pengertian penilaian kinerja .
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kinerja berasal dari kata dasar “kerja” yang menterjemahkan kata dari bahasa asing “prestasi”.  Bisa pula berarti “hasil kerja”.

performence  adalah berasal dari pengertian kinerja atau prestasi lalu , apabila dihubungkan dengan performance yakni sebagai kata benda (noun), maka pengertian performance atau kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan secara legal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral dan etika. (Rivai & Basri, 2004:16 ).

jadi, penilaian kinerja yaitu  suatu proses organisasi dalam menilai para bawahanya , tentang menilai  bagaimana keefektifan kerja para anggota , penghargaan atau rewards kepada anggota dan kepuasan kerja demi tercapainya tujuan perusahaan dan orgaanisasi.

Tujuan penilaian kinerja.
Schuler dan jackson dalam bukunya yang berjudul Manajemen sumber daya manusia edisi keenam, jilid kedua pada tahun 1996 menjelaskan bahwa sebuah studi yang dilakukan akhir-akhir ini mengidentifikasi ada dua puluh macam tujuan informasi kinerja yang berbeda-beda, yang dapat dikelompokkan dalam empat macam kategori, yaitu:

1. Evaluasi yang menekankan perbandingan antar-orang.
2. Pengembangan yang menekankan perubahan-perubahan dalam diri seseorang dengan berjalannya waktu.
3. Pemeliharaan sistem.
4. Dokumentasi keputusan-keputusan sumber daya manusia bila terjadi peningkatan.
 
Mengapa penilaian kinerja begitu penting ? 
  • Dengan melakukan penilaian kinerja terhadap para anggota atau bawahan kita dapat memotivasi mereka denga cara memberikan rewards secara merata sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
  • agar kita bisa melihat keefektifan para anggota atau bawahan, bekerja dengan adil & mentaati peraturan perusahaan atau organisasi.
  • serta yang terakhir kepuasan kerja para anggota dan bawahan , seperti lingkungan kerja , interaksi dengan para anggota lain , agar tidak ada kesenjangan di antara para anggota.

Dengan demikian kita semua tahu bagaimana pentingnya penilaian kinerja para anggota , demi terciptanya kenyamanan kerja para anggota, agar tercapainya tujuan perusahaan maupun organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar